Pembantu Mudik Tidak Masalah

Siasati kerepotan ditinggal pembantu yang mudik saat lebaran dengan langkah berikut,

Dibalik keceriaan berlebaran, ada satu kerisauan yang biasanya menyapa para ibu, yaitu repotnya mengurus pekerjaan rumah tangga karena pembantu yang mudik ke kampung halaman. PRT, asisten, atau suster memang telah menjadi aspek penting dalam keluarga di perkotaan. Memang apabila dilihat dari tugas mereka terkesan sepele karena sebagian besar berada di wilayah domestik, seperti bersih-bersih, menyapu, mencuci, dan menyetrika. Tetapi, bukan berarti peran mereka menjadi sederhana karena tanpa kehadiran mereka kelancaran roda rumah tangga bisa menjadi terganggu. Jadi apa yang harus dilakukan?
Kini, Anda dapat mencoba menggunakan jasa PRT inval yang berfungsi sama seperti PRT biasa, hanya saja dalam jangka waktu tertentu. Beberapa yayasan biasanya menetapkan honor PRT inval sekitar Rp 50-60 ribu per hari, dan suster inval Rp 70 ribu per hari dengan masa bekerja minimal 10-15 hari. Sebelum, Anda memilih PRT dan suster inval, mintalah waktu untuk mengadakan wawancara agar dapat mengetahui latar belakang dan kepribadiannya. Sedangkan, untuk masalah keahlian, biasanya yayasan penyalur memberikan jaminan uang kembali atau pergantian personil apabila ternyata dianggap tidak cakap atau mampu menjalankan pekerjaannya. Sekarang kembali ke Anda sendiri. Apakah ingin menggunakan jasa PRT/suster inval atau memutuskan mengerjakan sendiri seluruh pekerjaannya. Sekarang kembali ke Anda sendiri, Apakah ingin menggunakan jasa PRT/suster inval atau memutuskan mengerjakan sendiri seluruh pekerjaan. Apabila memilih kondisi kedua, cobalah langkah berikut:
TIM KERJA YANG SOLID
Ingatlah pekerjaan rumah tangga tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Jadi, ajak seluruh anggota rumah untuk mengerjakannya bersama. Ini merupakan kesempatan untuk mengajarkan tanggung jawab serta mendidik anak untuk lebih menghargai orang lain.
ATUR PRIORITAS
Tidak semua pekerjaan harus dilakukan setiap hari. Prioritaskan pekerjaan pada tugas harian yang harus dilakukan, sperti memasak, mencuci pakaian, menyapu, dan mecuci piring.
MASAKLAH MENU PRAKTIS
Pekerjaan memasak merupakan urusan rumah tangga yang paling menyita waktu. Jadi, masaklah makanan yang tahan lama, sebelum pembantu mudik.Untuk sehari-hari, pilihlah menu praktis. Atau, pesan makanan melalui katering harian.

0 komentar:

Posting Komentar