Endometriosis

Bagi para perempuan, jangan anggap remeh rasa nyeri di awal masa menstruasi. Bukan tidak mungkin endometriosis sedang mengintai. 


Keluhan yang kerap dirasakan perempuan saat menstruasi, rasa nyeri dan sakit di bagian pinggul. Rasa nyeri terasa sekali pada hari pertama. Bahkan, tak jarang nyeri dan sakit berlanjut sampai hari ke dua atau ke tiga. Jangan anggap remeh rasa nyeri pada saat haid karena bisa jadi itu adalah gejala endometriosis. Ada dua jenis endometriosis, yaitu endometriosis interna dan endometriosis eksterna. Endometriosis interna adalah endometriosis yang masih berada di dalam batas-batas rahim. Sedangkan endometriosis eksterna adalah endometriosis yang berada di luar rahim. Letaknya bisa dimana saja, bisa di dinding perut bahkan bisa di paru-paru. Endometriosis terjadi pada usia ketika seorang perempuan mengalami menstruasi. Namun bukan berarti seorang perempuan yang baru mengalami menstruasi untuk pertama kalinya langsung terkena endometriosis. Butuh waktu untuk endometriosis untuk berkembang. 


Penyebab, Ada banyak teori yang menyatakan penyebab endometriosis, salah satunya adalah terjadinya regurgitasi. Regurgitasi adalah pengaliran kembali darah haid yang tidak bisa keluar lalu turun ke saluran telur dan masuk ke dalam perut. Denga kata lain, darah haid tidak keluar ke arah yang semestinya. Selain itu, endometriosis bisa terjadi akibat tindakan Caesar. Operasi Caesar yang dilakukan sebagai cara persalinan akan melukai rahim. Ketika luka itu akan ditutup dan sel-sel endometriosis terkena jarum, maka endometriosis bisa terjadi. Endometriosis, juga bisa terjadi jika jaringan endometriosis menyebar melalui pembuluh darah ke organ-organ tubuh lainnya seperti paru-paru. Fungsi indung telur yang berlangsung terus menerus tanpa diselingi kehamilan juga disinyalir menjadi penyebab endometriosis Lanjut ke readmore-->.

Gejala, Nyeri pada haid hari pertama adalah salah satu gejala endometriosis. Rasa sakit itu ditimbulkan oleh jaringan endometriosis yang tumbuh, memperbanyak diri, dan berkembang menjadi kista, yaitu suatu benda yang berbentuk benjolan dan mempunyai isi. Isi kistta itu berupa darah haid yang berwarna coklat yang disebut sebagai kista coklat. Kista itu semakin lama semakin membesar dan menekan. Penimbunan cairan haid yang tidak ada jalan keluar inilah yang menyebabkan rasa sakit pada saat haid akan bertambah dari bulan ke bulan.  


Deteksi Dini, Untuk mendeteksi endometriosis secara dini ternyata tidak mudah, sebelum dilakukan pembuktian dengan patologi, anatomi-pembedahan dengan mengambil  benda dan diperiksa di Lab yang bisa dilakukan hanya memprediksi. Nyeri yang terjadi pada saat haid belum tentu endometriosis. Bisa saja itu merupakan perlekatan-perlekatan yang terjadi di panggul sehingga menimbulkan rasa sakit. Begitu juga kista coklat yang terdeteksi belum tentu endometriosis. Untuk mengetahui secara pasti apakah gejala yang kita alami endometriosis atau bukan. Diagnosis endometriosis biasanya diperoleh lewat bedah teropong. 


Pengobatan, Sistem pengobatan endometriosis bisa dengan banyak cara. Cara yang bisa dipilih untuk menghentikan haid adalah kehamilan, pengobatan secara hormonal, maupun mengambil indung telur. Endometriosis berkaitan erat dengan haid. Kalau haid merasa sakit, usahakan agar tidak haid. Kehamilan bisa menjadi cara penyembuhan badi penderita yang masih ingin memiliki keturunan. Selama hamil sembilan bulan, tidak terjadi pembuahan dan tidak terjadi pembentukan telur baru, sehingga tidak terjadi menstruasi. Endometrium dikeluarkan ketika haid, jadi selama kehamilan sembilan bulan, endometrium tidak akan keluar dan biasanya mati/tidur. Selain menghentikan haid, penyembuhan endometriosis juga bisa dilakukan dengan operasi pengangkatan benjolan atau kista. Benjolan perlu diangkat apabila besarnya sudah lebih dari 5 centimeter. Pengangkatan benjolan ini berfungsi untuk menghentikan keluhan sakit pada saat haid. Walaupun benjolan tersebut sudah diangkat, perlu diwaspadai benjolan-benjolan kecil, yang mungkin akan tumbuh kembali. Untuk itu perlu disembuhkan dengan mengkonsumsi obat-obatan. Bagi anda yang memiliki keluhan nyeri pada saat haid untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

0 komentar:

Posting Komentar