Sehat di Segala Usia (Part 3)

>40-an
TENTANG ANDA
Masa depan adalah isu terbesar dalam pikiran di usia ini. Anda sangat khawatir dengan masalah kesejahteraan anak, kesehatan keluarga, keamanan, keuangan, dan masa pensiun. Anda mungkin telah mapan dalam karier namun tanggung jawab yang besar meningkatkan tekanan. Kekurangan waktu dan energi membuat Anda merasa kurang memperhatikan diri sendiri. Sementara kehidupan yang semakin kompleks terhampar di hadapan. Kerutan, menurunnya penglihatan, dan kelelahan mulai menghampiri. Bagi perokok dan alkoholik, Anda berisiko menderita penyakit paru-paru yang membengkak, osteoporosis, serangan jantung, kanker payudara, lever, dan pankreas.

APA YANG TERJADI?
Kulit. Kerutan dan garis halus semakin menonjol. Warna kulit tidak merata dan beragam bentuk pigmentasi muncul di permukaan. Kulit mengendur sebagian hasil dari tingkat penurunan kolagen sehingga perusakan kolagen terlihat lebih jelas.

Tubuh.  Anda akan mulai kehilangan kelenturan tubuh. Pada kondisi pertengahan usia ini, perut terlihat gendut. Anda pun akan melihat gejala fisik lainnya dari masa penuaan, seperti kehilangan kepekaan, ketegangan punggung, pelebaran pinggul dan kendurnya payudara. Semua produksi estrogen menurun. Di akhir uisa 40-an akan muncul gejala menopause, vagina mengering, menurunnya kegiatan seks, dan perubahan  mood. Metabolisme tubuh turun secara mendadak.

Harus dilakukan! Lanjutkan dengan pemeriksaan pap smear dan mammogram secara rutin. Bicarakan dengan dokter Anda mengenai tes kepadatan tulang untuk mengukur seberapa besar kemungkinan terkena pengikisan tulang. Suatu hal yang penting untuk mengadakan tes kolesterol, tekanan darah, dan tes diabetes. Jika Anda tertarik untuk melakukan perawatan gejala menopause, konsultasikan dengan dokter.

Cara mengatasi stres. Cintai tubuh Anda! Tegakkan kepala, berjalan dengan percaya diri, dan banggalah menjadi seorang wanita. Sibukkan diri dengan aktivitas yang menyenangkan dan jangan lupa untuk memperlakukan diri sebaik mungkin saat ini dan seterusnya karena Anda berhak mendapatkannya!

0 komentar:

Posting Komentar